Workshop Berkesan, Umur Bukan Halangan Belajar

Tangal 5 Juli 2015, suatu hal yang sangat bermakna bagi saya. Pelatihan luar biasa yang mencakup seluruh usia. Hal yang tidak disangka adalah, animo dari bapak-bapak yang antusias untuk mengikuti workshop “Membuat Desain, dan Toko OL”. Sebelumnya saya mohon maaf kalau tulisan ini agak kadaluwarsa. :ngakak

Antusias peserta, Mulai anak-anak, remaja, hingga Dewasa

Antusias peserta, Mulai anak-anak, remaja, hingga Dewasa

Harap maklum, karena saya hampir tidak ada waktu untuk menulis pada bulan itu. Oh, iya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatan yang di berikan kepada saya. Sehingga saya dipercaya oleh rekan-rekan muda-mudi remaja Masjid di kota pahlawan Surabaya sebagai pemateri atas rekomendasi bapak Supardi. (Beliau juga sebagai bpk kost saya. :D ketika saya berada di Surabaya)

Okay.., langsung pada intinya. Intinya saya terkesan dengan sangat terhadap animo bapak-bapak dan juga muda-mudinya. Disitu saya merasa sangat senang ketika bisa berbagi apa yang pernah saya pelajari. Acara sebenarnya di mulai pukul 8 pagi. Awalnya saya merasa agak bingung, karena apa yang harus saya sampaikan harus saya sesuaikan dengan pesertanya. Disini saya benar-benar di uji untuk memutar otak. Dimana saya tidak tahu target peserta, dan juga saya tidak tahu apa yang booming diantara peserta. Hanya berbekal tema dari panitia, saya berusaha memberikan apa yang terbaik dan dapat di terima oleh semua usia.

Mengingat peserta dari berbagai usai, yang tentu memiliki proses dalam mengelola info yang disampaikan berbeda-beda antara remaja, anak-anak dan juga orang dewasa. Walau pun tema yang di sampaikan oleh panitia adalah web desain, yang terlihat mudah. tapi jika di pecah lebih jauh lagi tema tersebut sebenarnya memiliki sub pembelajaran yang cukup panjang dan kompleks. Tentu kalau range usia berbeda, maka berbeda pula cara menangkap apa yang saya sampaikan. di sinilah kekaguman saya bermula. dimana bapak-bapak mampu mengikuti dengan antusias apa yang saya sampaikan dan gak kalah semangat dengan adik-adik remaja masjid. Bahkan mas-mas dan mba’-mba’ remaja masjid pun di lewati sama bapak-bapak pada proses belajar desain dan pembuatan OL Shop. :2thumbup

Walau mulanya acara agak sedikit ngaret dari jam yang dijadwalkan, tapi alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. acara dimulai pada pukul 9 pagi. Harap maklum, saya rasa rekan-rekan peserta masih sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. :D eh…, maksud saya masih menunggu sarapan dulu. :D eh sory…, baru ingat. Kalau waktu itu (Minggu, 5 Juli 2015) Adalah bulan Ramadhan. Jadi kegiatan workshop ini bertepatan dengan bulan puasa. :maafagan  :maafaganwati

Pengenalan oleh moderator

Sebelum acara dimulai, tentu saya sebagai pemateri di kenal kan terlebih dahulu. Untuk mencairkan suasana. Banyak perkenalan dengan bumbu canda tentunya. Suasana pagi yang dingin di Surabaya (kebetulan waktu itu agak sedikit dingin :) ) Menjadikan proses sharing ini terkesan nyantai dan asyik. Soalnya udaranya dingin-dingin sejuk. jarang-jarang Surabaya Dining. :Peace:

Belajar Desain

Setelah proses perkenalan oleh moderator, saya mulai memberikan materi sesuai dengan topik yang sudah di sepakati sebelumnya. Untuk topik pertama adalah desain. Sebenarnya saya merasa sangat kurang sekali dalam menyampaikan materi tentang desain ini. Karena yang saya sampaikan hanya desain-desain sederhana dan menurut saya masih dalam tahap pengenalan saja. Padahal saya ingin juga menyampaikan desain yang lebih ke arah Editing Image. Akan tetapi karena keterbatasan waktu. Mau tidak mau tentu saya harus menyesuaikan.

Antusias peserta

Semangat Bapak-bapak yang membara

waktu berlalu, okay. Antusias rekan-rekan peserta membuat saya semangat kembali. Walau lelah setelah menempuh perjalanan yang relatif lama.

Belajar Desain dan Website Toko OL

Workshop ini berakhir sekitar jam 1-an. Di siang hari nan terik. Harapan saya, pelatihan sederhana ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi para peserta. Akhir kata, bulan ramadhan di isi dengan pelatihan ini sungguh membuat saya merasa berarti dalam kegiatan sejenis semacam ini.

Terimakasih yang sebesar-besarnya saya berikan kepada rekan-rekan panitia pelatihan Remaja Masjid Di Perum Perhutani – Surabaya, khususnya bapak Supardi yang sudah merekomendasikan saya sebagai salah satu narasumber dalam pelatihan ini. Anda sudah memberikan banyak pelajaran kepada saya tentang kehidupan ini. Mohon maaf apa bila waktu lebaran kemarin, tidak sempat main-main ke Surabaya. Akan saya usahakan dan saya sempat kan mampir, apabila saya ada kegiatan di-Surabaya.

Bermula di kota Malang tempat saya belajar, kemudian Tulungagung, dan berlanjut di kota pahlawan saya mengisi dan berbagi ilmu dalam sebuah workshop/Seminar. Kedepan-nya, harapan saya semoga dapat mengisi berbagai kota lain di luar Jawa Timur bahkan seluruh Nusantara bisa saya jelajah dengan kegiatan workshop yang saya bawakan.

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco