VEKTOR: Membuat Foto Poster ala “Kampanye OBAMA”

Wah…, saya kalau sudah Niat menulis diblog ini. Pasti dalam sehari bisa lebih dari 2 kali nulis. Saking semangatnya sampai saya lupa makan siang nih… :D

Oke…, jangan pikirkan makan siang saya. saatnya anda memulai belajar membuat foto anda menjadi keren, dan kayak kampanye para politikus-politikus :hammers

Agan tentu tahu kan salah satu foto yang paling keren, yakni foto berikut ini.

Vector Art

Vector: Photo Founder JM-blog

Yach…, foto si mimin paling ganteng sejagad Sawah sebelah. :ngakak tahukah anda…, bahwa style seperti ini sempat menjadi style kampanyenya presiden Amrik. Yakni OBAMA. Anda ndak percaya…?!?!

Nih… kalau anda ndak percaya. dan kunjungi juga situs pembuat Style wajah presiden tersebut menjadi sangat keren seperti foto saya. klik disini.

Presiden Amerika: Barack Obama

Tapi…, kalau anda lihat dengan seksama. Sebenarnya masih gantengan pic saya kok. :D

Sebenarnya ini tutorialnya versi ENGLISH, anda bisa melihatnya disini. kalau bingung…, yach baca aja tutorial yang saya buat ini.

Okey…, cukup dulu panjang lebarnya. Sekarang…, saatnya belajar membuat foto anda menjadi keren kayak foto-foto yang saya perlihatkan diatas. yang pasti, persiapkan dulu softwarenya sudah terinstal. yakni Photoshop dan Juga Ilustrator. Setelah semua Aplikasi siap, pastikan Laptop/Komputer anda juga menyala dengan normal. Kalau Komputernya tidak bisa menyala, yach percuma. :D

STEP 1.

Pallete warna yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut.

Warna

STEP 2.

Siapkan gambar/Foto yang akan anda jadikan sebagai bentuk Poster. Berhubung ane pemalu, maka yang ane gunakan untuk tutorial ini adalah foto Import. Alias orang bule. :D

Buka foto ini pada Photoshop, untuk kita crop.

Artist

Saran saya: Jika anda masih dalam tahap belajar, gunakan dulu foto yang ada diatas sebagai media pembelajaran. nanti kalau hasilnya sudah keren, anda bisa memanipulasi foto anda sendiri.

STEP 3.

Crop foto tadi pada posisi tertentu untuk mendapatkan hasil yang keren.

Crop foto

STEP 4.

Setelah gambar tersebut kita CROP seperti pada STEP 3. Simpan gambar tersebut dengan nama MASTER, dalam format JPG.

dengan cara:

file – save as – file name: (beri nama master) – format: (ubah menjadi JPG)

STEP 5.

Open file MASTER.JPG

kita akan Posterize gambar MASTER.JPG tersebut, dengan cara pilih menu Image > Adjustments > Posterize

Posterize Gambar MASTER.JPG

STEP 6.

Setelah di posterize, kita akan membuat Pattern Guide. Yang kita gunakan untuk tracing. Caranya pilih menu Image > Adjustments > Threshold

Anda bisa mengeser-gesernya untuk mendapatkan hasil yang CIaaamik dan keren. :D

Atur Treshold nya.

STEP 7.

Save dengan nama yang familiar dipikiran anda. disini saya memisalkan “Patternguide.psd”, anda juga bisa mensavenya dengan format JPG atau PNG.

Save As file…

STEP 8.

Nah…, setelah fase save file tersebut, saatnya anda membuat file serupa dengan mengulangi STEP 6 dan 7. Hanya yang membedakan adalah besarnya level treshold-nya. Jadi total patternguidenya berjumlah 4 buah.

Beda Treshold

STEP 9 .

Okey…, beberapa langkah di photoshop sudah kita kerjakan . saatnya pindah ke ilustrator. buatlah pattern diilustrator. Buat pattern bergaris seperti pattern pada STEP 1. Caranya buat file baru, buat ukurannya seperti berikut.

File New pattern

STEP 10.
Buatlah pattern dengan bentuk seperti berikut ini, dan pastikan warna yang anda gunakan seperti di STEP 1.

Membuat pattern

STEP 11.
Setelah anda buat seperti step 10, saatnya anda save pattern tersebut. Save patter di SWATCHES library menu.

Save Pattern

STEP 12.
Setelah anda membuat pattern, saatnya buat file document baru. CTRL+N pada keyboard. Buat ukuran standart aja. Misalnya ukuran document A4. kemudian letakkan Patternguide.psd pada file document yang baru kita buat tadi. caranya pili FILE > Place > pilih file patternguide.psd

Place guide

kemudian anda LOCK dan buatlah layer baru.

STEP 13.

Setelah anda letakkan patternguide.psd. Pilih file pen tool. atau anda gunakan shortcut tombol “P” pada keyboard. Setelah anda pilih pen tool, saatnya anda trace gambar patternguide tadi. Beri pattern bergaris. atau warna kombinasi yang anda buat pada step 11 tadi. hasilnya seperti berikut.

Tracing

jangan lupa beri sentuhan warna-warna berbeda pada tiap rongga di patternguide yang kita buat tadi.

STEP 14.
Lanjutkan tracing pada beberapa patternguide yang lain. yakni pada patternguide2, patternguide3, dst. Bersabarlah dalam melakukan tracing, agar hasil yang kita dapat bisa maksimal.

tracing patternguide yang lain

STEP 15.
Gunakan intuisi anda untuk memberikan sentuhan warna sesuai dengan pallete yang pernah kita buat di step 1. Dengan kejelian intuisi anda, maka bisa didapatkan hasil kurang lebih seperti berikut ini.

Sentuhan terakhir

STEP 16.
Apabila hasil yang anda peroleh masih jauh dari harapan, silahkan anda terus berlatih-dan berlatih hingga mendapatkan hasil yang ciamik dan keren seperti berikut ini.

FINAL

Okey deh…, cukup sekian dulu. Tangan saya juga sudah capek menulis tutorial ini. Selamat mencoba yach… :2thumbup

Untuk versi ebooknya, silahkan anda download dengan klik gambar PDF Icon di bawah ini

DOWNLOAD

13 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco