Tips Menghindari Penipuan yang dilakukan OL Shop

Waspadai belanja Online

Dengan semakin maraknya Toko Online, kini makin banyak pula oknum-oknum yang memanfaatkannya untuk kegiatan yang tidak baik. :bata

Contoh sederhana saja, dari ane sendiri. Pada waktu itu, ane pertama kali bertranksaksi membeli HP via OL. Pada waktu beli, ane tanya tuh ama seller. Minus dari HP tersebut apa, seller bilang ndak ada minus, barang normal. Tapi…., setelah barang sampai ditangan ane, eh…, barang tidak seperti yang diharapkan. :nohope:  hal ini akan merugikan ane selaku buyer, dan juga seller lain yang jujur. Kenapa seller lain bisa tercemar namanya?

Jawabannya adalah, reputasi toko online yang harusnya indah kini bakalan menjadi tercemar gara-gara ulah oknum yang kurang ajar tersebut. Apalagi dimata orang awam, toko online akan sangat dikecam banget. Nah…., dari kasus demikian, ane terinspirasi untuk membuat postingan ini. Dan membantu rekan-rekan yang belum pernah sama sekali dalam belanja di toko online. Biasanya, jika seseorang belum pernah belanja ditoko online, pertama kali belanja akan merasa was-was. Tetapi, jika uda pernah. Maka menjadi terbiasa deh. :D

Oke deh…, setelah ente baca sedikit curhatan ane berikut tips yang ane bagikan untuk agan.

  1. Teliti dulu sebelum membeli barang, pastikan anda menteliti barang yang ditawarkan dan juga harganya. Jika harga yang ditawarkan terlalu WOW!! dari harga rata-rata. Usahakan menghindari hal tersebut.
  2. Pastikan informasi yang disediakan olshop tersebut adalah Valid. Paling gampang agan search aja di Google atau browser lainnya, tanya teman di daerah yang sama dengan olshop tersebut, dsb.. be creatif sebelum kamu menyesal selamanya.
  3. Waspadai pembelian barang via jejaring sosial (Terutama FB). Tidak semua penjual di FB penipu, tetapi adakalanya agan juga mesti waspada. Contoh penjual yang melakukan tindak penipuan di FB adalah, Biasanya ketika agan sudah transfer, FB agan akan diblokir sehingga agan tidak bisa search FB nya lagi (kalau dia pakai FB). Jadi catat semua informasi yang bisa agan dapetin pertama kali ketemu olshop.
  4. Jangan Mudah percaya Testimonial, Agan jangan mudah percaya terhadap testimonial. Bisa jadi testimonial yang dipakai adalah testimonial fiktif. so…., yang terpenting adalah WASPADA dengan sepenuh jiwa. :thumbup:
  5. Jika terlanjur kena tipu, agan harus melakukan hal berikut.
  • Lapor Polisi, cara pertama untuk tindak pidana adalah melaporkan penipuan yang agan alami ke polisi. Jangan lupa minta bukti pengaduan / laporan.
  • Adukan ke bank agan. Sampaikan kejadian yang agan alami disertai dengan bukti yang sudah agan kumpulkan di awal termasuk bukti transfer, testimoni kejadian detilnya dan disertai laporan polisi (jangan lupa materai ya, menunjukkan bahwa agan bertanggung jawab atas laporan yang agan  sampaikan). Logikanya bank akan membantu agan sebagai nasabahnya, jika laporan agan diterima, bank akan memblokir rekening yang bersangkutan sampai agan sendiri yang membukanya.
  • Sebagai konsumen yang dirugikan tentu agan bisa menyampaikan kejadian agan ke lembaga yang khusus menangani masalah itu. Prosedur pengaduan dapat kamu lihat di websitenya  di YLKI atau sampai tulisan ini dibuat bisa kamu klik link ini tata cara pengaduan konsumen.

Cukup sekian dulu tips yang bisa ane berikan, lain kali ane tambahin lagi gan. Oh iya…, ane juga punya sedikit barang jualan, makanya ane posting hal beginian. Biar reputasi Penjual OL yang lain, termasuk ane. Ndak ikut jelek gan. kalau berkenan, silahkan mampir ke jualan OL ane gan. Jualan sepatu dan kaos ane.

dirangkum dari sini.

7 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco