Percepat Download dengan metode Load Balancing

Speed UP

Anda punya lebih dari 1 Koneksi internet di rumah, kantor, atau kampus….?!? Nah…, tahukah anda. Bahwa anda bisa memanfaatkan semua koneksi internet tersebut untuk mendownload dengan kecepatan super-duper- Lumayan cepat. :D (biar gak lebay jadi saya kasih kata lumayan)

Misalnya, anda saat dikampus. Dan kebetulan ada Wi-Fi, anda juga pada saat itu sedang membawa Modem. Anda bisa memanfaatkan semua koneksi tersebut untuk digabung jadi satu guna mendapatkan koneksi download yang stabil. Sebenarnya metode ini cukup lama dikenal, tapi bagi anda yang baru mengenal seperti saya. Bisa di praktekkan sekarang juga. :D

Metode ini disebut dengan Load Balancing. Metode ini dimanfaatkan untuk mengatasi maraknya penerapan FUP (Fair Usage Policy) yang mencekik konsumen jaringan broadband maka bermunculan cara untuk meload balance modem sehingga bandwith yg terkumpul bisa mengatasi batasan-batasan limit yg ada untuk itu saya juga akan memberikan tutorial untuk meload balance modem sampai dengan 4 modem paling banyak. Lumayanlah bila speed fup 153kbps misalnya dgn multiple modem bisa kita dapetkan 300kbps, 450kbps ato 600kbps tanpa perlu risau lagi dgn batasan limit.

Tapi perlu anda garis bawahi. Setiap kelebihan, pasti ada kelemahan. Berikut kelemahan dari penerapan tips Metode Load Balancing.

  • hanya berguna untuk mendonlot file yg terbagi menjadi segmen2 / koneksi melalui IDM / FDM ato juga torrent / p2p
  • untuk browsing, streaming, gaming tidak berguna karena hanya akan jalan di satu jalur modem

Okay…, itu sedikit kelemahannya. Jadi pada saat browsing, tetep aja menggunakan 1 Jalur. tidak bisa digunakan semua. Coba kalau bisa di gunakan semua. Pasti manteb jaya saat membuka salah satu situs. terutama situs Jasamultimedia.com :army:

Tanpa panjang lebar lagi, yang perlu dipersiapkan untuk melakukan Load Balancing adalah. Anda harus mempersialkan Kopi terlebih dahulu, dan cemilan. kalau bisa cemilan Kwaci biar awet. :ngakak

Pastikan memiliki lebih dari 1 koneksi internet yach. Atau bisa juga menggunakan lebih dari 1 buah Modem. kemudian download bahan-bahannya perangnya di Indowebster atau Mediafire. Silahkan klik link berikut:

Setelah semua sudah tersedia, saatnya berperang. :D Berikut langkah-langkah melakukan Load Balancing.
1. Koneksikan semua Jaringan Internet yang ada
konek semua koneksi internet yg ada di PC/laptop kita secara manual (jangan via dasboard)
Berikut cara manualnya: di windows 7 = control panel > network & sharing center > connect to a network

Bagi yang menggunakan XP atau Windows 8. Silahkan cari-cari aja di search engine. kalau saya tulis disini terlalu panjang. :D kalo belom di daftar nama koneksinya buat dulu di :

setup a connection network > setup a dial connection > pilih jenis koneksi yg dipakai > isi nomor dial up, user & password sesuai ISP masing-masing.

Jangan lupa beri nama koneksi yg unik untuk membedakan dengan koneksi yang lain. kalo sudah akan muncul menu dgn berbagai nama koneksi sbb:

Ada 3 buah Koneksi internet

Kemudian konek-kan semua koneksi internet yang ada tersebut. dengan mengKlik tombol Connect.

2. Buka Software Multi-wan
Buka software mulit-wan yang sudah anda download tadi. (Link download ada diatas) Kemudian gabungkan koneksi yang ada. Oh iya, software ini portable, jadi anda tidak perlu mengInstallnya.

Settingan

Biar gak bingung saat melihat screenshoot settingan gambar diatas, berikut penjelasannya:

  • pilih multi-wan bandwith share
  • pilih / highlight nama koneksi yg tertera
  • isikan besaran kapasitas bw kita, misal 153kbps = 19kB = 19000B => isi 19000 ato yg mendekati pembulatan ke atas misal 20000 + klik modify
  • klik save

kalau sudah pada tahap save, berarti misi kita sudah berhasil. Dan saatnya mendownload deh. Silahkan dicoba download dengan menggunakan Download manager seperti IDM. Oh iya, fungsi dari isian itu adalah untuk memberikan rasio dalam membalance bandwith yg ada misal kita punya koneksi 100kbps dgn 1mbps maka rasio yg bener harus 1:10 agar speed kombinasi nantinya juga sesuai dgn besaran koneksi masing-masing untuk lebih jelasnya silahkan langsung ke sini. :cendolb

sumber

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco