[Pemrograman web] Membuat Tabel Database Berwarna pada PHP

Berlatar belakangkan sebuah kasus sederhana, (Cieeileeh :D ) Pada waktu itu saya ingin membuat suatu tabel dengan tampilan warna backgraund ditabelnya yang orang jawa bilang warna Selang-seling. Mungkin kalau bikin di bootsrap sih mudah. Soalnya tinggal manggil doank dari CSS bootstrapnya. Nah…, kalau dari manual php. Itu yang saya rasa agak susah.

Okey…, berhubung google masih buka. Jadi apalah daya saya gak terlalu khawatir. Akhirnya saya mulai pencarian saya. Dan nemu tutorial singkatnya yang sangat mudah untuk di pelajari. Sumber tutorialnya disini. Saya memutuskan untuk izin share ulang di blog sederhana ini. Anda boleh langsung baca di sini, atau kalau bingung baca aja langsung di sourcenya. Dan kalau masih bingung juga, silahkan anda tanya di kolom komentar saya. InsyaAllah kalau gak ada halangan. pasti saya jawabnya cepet kok. :D Okay…, langsung aja.

1. Langkah pertama untuk membuat tabel selang-seling ini, kita buat databasenya dulu. Saya rasa sahabat netter disini sudah mahir membuat databse. Buat sebuah database dengan nama “db_latihan” Nah.., setelah itu, silahkan buat sebuah tabel dengan nama “tb_identitas” Buatlah beberapa field di tabel identitas tersebut. diantaranya id, nama, alamat, dan telpon. Lebih jalasnya perhatikan gambar berikut.

Detail Field beserta type datanya

Kalau sudah di buat, jangan lupa kalian input datanya yach. silahkan isi beberapa data. 5 atau 8 data. Biar nampak banget nanti ketika di tampilkan warna tabel yang selang-selingya.

2. Langkah berikutnya ini sangat sederhana, kita masuk ke tahap coding. silahkan kamu buat sebuah file phpnya yang berfungsi untuk menampilkan hasil record tersebut di browser. perhatikan dan pahami. Disini syudah saya kasih penjelasan sedikit-sedikit mengenai struktur codingnya.

Kalau sudah dibuat seperti struktur coding diatas, silahkan kamu jalankan. Dan jika hasinya benar, maka tampilan tabel kamu seperti gambar berikut.

Tampilan tabel setelah dijalankan

Kalau masih ada error. coba di cek lagi errornya apa. Kalau masih bingung silahkan kamu tanyakan di kolom komentar. Okey…, cukup sekian dulu tutorialnya. Tangan saya sudah capek ngetik. Terimakasih atas waktunya untuk membaca tutorial ini, dan selamat mencoba.

sumber

3 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco