Menghapus file atau folder Corrupt yang Bandel dan Oversize

Pernahkah anda mengalami kasus seperti di bawah ini ?

Error Saat menghapus

Nah…, keterangan error “Cannot delete file : access is denied” Semacam ini biasanya file/folder itu bandel dan gak bisa di hapus. Terlebih lagi kalau size dari folder tersebut lebih dari ukuran flashdisk/hdd External kita.

Ini sempat saya alami seminggu yang lalu. Saya sempat panic, dan marah besar (LEBAY) :ngakak

Gak…, gak gitu-gitu amat maksud saya. heheh, saya sempat bingung saja. Soalnya agak menganggu. Saya sudah menggunakan berbagai cara yang ada dan yang saya peroleh, seperti menggunkan Unlocker, tune up Shredder, dan software DeleteFile yang di rekomendasikan oleh berbagai blogger. Tapi anda tau hasilnya. YUPz….. ! Tetep. gak bisa di hapus juga.

Dan yang paling buat saya jengkel dan panic adalah, HDD ext, saya gak bisa di eject. bayangi in aja. HDD yang penuh dengan data-data penting (Data foto selfie :D ) kalau hilang kan sedih bro…. :mewek

nah…, seteleh pencarian tanpa henti dan semangat ’45, akhirnya saya menemukan cara yang cocok untuk menghapus file tersebut. Walau cara ini memakan waktu agak lama. Tapi inilah satu-satunya cara yang berhasil di HDD saya untuk eksekusi hapus file bandel tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Tancapkan USB Flashdisk atau HDD anda, nah…, karena kebetulan device saya HDD. Jadi disini saya selanjutnya menyebut HDD.
  2. Langkah berikutnya adalah, Klik menu Start –> Run –> ketik “cmd” tanpa tanda petik
  3. Ketik “chkdsk g: /f” tanpa tanda kutip kemudian enter.
  4. Untuk tahap 3 ini. Perhatikan baik-baik.
    g = direktory flash disk atau hard disk anda. jika direktory flash disk/hard disk anda di f, maka tinggal mengubah ketikkannya menjadi chkdsk f: /f

    /f = kode untuk fixes errors on the disk.

  5. Tunggulah beberapa saat hingga proses scanning selesai.
  6. Jika muncul pesan “Convert Folder To File”, tekan saja tombol Y pada keyboard dan enter.
  7. Jika muncul lagi pesannya, tekan kembali tombol Y kemudian enter.
  8. Tunggu hingga proses scanning 100% Completed

Karena mungkin prosesnya agak lama, jadi jangan lupa untuk sedia cemilan. :D oh iya…, kalau sudah completed. Silahkan anda cek file yang susah di hapust tersebut. apakah sudah hilah atau masih ada.

Kalau file bandelnya berupa Folder dan ukurannya Oversize melebihi kapasitas HDD/Flashdisk. Biasanya folder tersebut berubah menjadi file Unknow dan ukuranya menjadi wajar. Silahkan hapus aja file bandel tersebut dengan cara manual. Karena kebandelnya sudah hilang seteleh kita gunakan cara ini.

Okay…, cukup sekian dulu tulisannya. Dan semoga bermanfaat. Jangan lupa feedbacknya. Biar saya makin semangat menulis. :)

Thanks to Mampirbro.

20 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco