Mengenal Multimedia Yuk…!

Gak terasa, umat islam sudah merayakan hari raya ke-2. Yaitu hari raya qurban. Makanya…, saya jarang menulis. Karena saya sibuk jadi panitia qurban, dan saya tidak sempat mengUpdate blog ini. :D

Okey…, mumpung saya ada waktu luang ditengah sela-sela aktifitas menulis tutorial mengenai FLASH. (biasanya bikin CD interaktif) kali ini saya akan berbagi info mengenai apa yang disebut MULTIMEDIA.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Multimedia memliki peranan penting dalam kehidupan ini. Mengapa demikian…?!?!

karena…, Multimedia menarik indera dan menarik minat, karenamerupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset dan penelitian computer, yaitu Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwaorang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar.Tetapi orang dapat mengingat 50 % dari apa yang dilihat dan di dengar dan 30 % dariyang di lihat, di dengar dan dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif.Multimedia menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing perusahaan.

Berdasarkan perkembangannya, multimedia mulai booming saat tahun 80-an.

Morgan Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 tahun, TVkabel membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhkan waktu 5 tahun.Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimediamerupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini :matabelo

Komponen Multimedia
Menurut definisi terdapat empat komponen penting multimedia:

  1. Adanya komputer sebagai suatu alat yang dapat berinteraksi dengan user.
  2. Adanya link yang menghubungkan user dengan informasi.
  3. Adanya alat navigasi yang memandu, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  4. Multimedia menyediakan tempat kepada user untuk mengumpulkan, memproses, dan menghubungkan informasi dan ide user sendiri.

Tujuan Multimedia
Tujuan dari penggunaan multimedia adalah sebagai berikut:

  1. Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
  2. Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
  3. Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia, seperti: penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia akan sangat membantu penggunanya, terutama bagi pengguna awam.

Keuntungan Multimedia
Multimedia memiliki enam keuntungan, yaitu:

  1. Multimedia masuk akal, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran
  2. Multimedia meningkatkan dan menvalidasi ekspresi diri dengan membiarkan pebelajar untuk memutuskan sendiri
  3. Multimedia membuat pebelajar menjadi “pemilik” sehingga mereka bisa menciptakan apa yang hendak mereka pelajari
  4. Multimedia menciptakan suasana yang aktif, atmosfer pembelajaran, sehingga pebelajar bisa terlibat langsung
  5. Multimedia dapat sebagai katalisator yang menjembatani komunikasi siswa dan dengan instruktur
  6. Pemakaian multimedia sudah tidak asing lagi, karena telah digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti di bank, videogame, dan televisi.

Nah…, dari uraian yang saya sampaikan diatas. Semoga kita semua bisa sedikit menerawang perkembangan dan keungglan sebuah produk berbasis Multimedia yang sudah mulai banyak digunakan di era digital saat ini.

sumber. 1, 2
2 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco