Mengatasi WhatsApp Web/Desktop Tidak bisa Sinkron

Sebagaian orang tentu sangat terbantu dengan fasilitas sinkronisasi antara aplikasi mobile chat dengan web/desktop chat. Walau banyak aplikasi chatting yang beredar, bahkan lebih banyak lagi fiturnya. Namun saya pribadi menilai, aplikasi WhatsApp inilah yang mampu menjawab kebutuhan saya sehari-hari untuk berkomunikasi dengan kolega.

Belum lagi fitur sinkronisasi di web. Sangat membantu sekali untuk transfer data yang lumayan cepat antar pengguna. Khususnya seperti saya pengguna OS buah-buahan. Nah…, OS buah-buahan ini kalau mau transfer data dari Laptop ke HP, harus menggunakan aplikasi khusus. Kebayang donk, ketika lagi penting2nya untuk di masukkan ke hape data foto atau dokumen, namun tidak bawa kabel data atau tidak membawa laptop yang terinstall itunes. Pasti sangat ribet.

Terlebih lagi di sini kalau anda menggunakan OS buah-buahan, dan ingi

WhatsApp Logo

WhatsApp Logo

n mentransfer file dokumen. Nah lho…, kelar Hidup loe. Gimana coba, saya aja sampai sekarang gak tau caranya memasukkan file dokumen ke HP saya. Kalau si robot IJO sih mending tinggal copas aja kayak di Flash disk. Kalau OS buah-buahan?

Ribet, jelas. Makanya, dengan adanya whatsapp web ini saya merasa sangat terbantu sekali komunikasi dengan kolega saya khususnya diskusi pekerjaan atau bahkan sharing proposal. Namun yang jadi masalah terkadang whatsapp tidak bisa sinkron dengan PC/Laptop. Dan ini cukup sering sekali saya alami. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

  1. Saat Handphone di tethring ke laptop, sehingga handphone jadi modem. Akhirnya gagal Sinkron
  2. Saat menggunakan Wifi dengan ID yang sama,
  3. Koneksi dengan modem dan provider yang sama (Beda nomor HP, dan beda paket data, namun sama providernya)
  4. Tidak bisa mengirim, namun bisa menerima

Itulah 4 masalah yang sering saya alami saat menggunakan Whatsaap. Disini saya mau share bagaimana mengatasi masalah tersebut. Saya akan menjawabnya satu persatu berdasarkan nomor Urutnya.

  1. Masalah pertama ini, jika terjadi. usahakan salah satu device terhubung ke jaringan internet yang berbeda terlebih dahulu untuk memancing sinkronisasi. Misalnya HP terhubung dengan paket data reguler, sedangkan laptop terhubung dengan WIFI. Setelah sinkron, baru HP di koneksikan dengan WIFI
  2. Jawaban untuk poin ke 2 dan ke 3 saya rangkum Jadi satu. Jika mengalami masalah tersebut, yang perlu kalian lakukan adalah menambah sedikit kecerahan layar PC/Laptop anda. Ini juga berhasil saya lakukan. karena awalnya saya mengalami kendala. Di Laptop A, hp saya tidak sinkron. kemudian pindah laptop B, aman-aman saja. Nah…, setelah saya pindah lagi ke Laptop A tetep tidak bisa sinkron. Akhirnya saya coba kecerahan layarnya saya tingkatkan. Eh ternyata sinkron.
  3. Your phone number (+ Country Code Phone Number)
  4. Are you connected on your desktop using web browser or did you install the desktop app?
  5. If you are connected using web browser, which web browser are you using? If you are connected via desktop app, which OS are you using?
  6. Your phone model, OS and WhatsApp version
  7. Full window screenshots of the issue if applicable
  8. Your phone number (+ Country Code Phone Number)
  9. Are you connected on your desktop using web browser or did you install the desktop app?
  10. If you are connected using web browser, which web browser are you using? If you are connected via desktop app, which OS are you using?
  11. Your phone model, OS and WhatsApp version
  12. Full window screenshots of the issue if applicable
  13. Poin ketiga ini untuk menjawab masalah nomor 4. Masalah ini yang membuat saya agak pusing dan kurang nyaman. Soalnya, Whatsapp saya tidak bisa sama sekali mengirim pesan. Anehnya, untuk sinkron lancar. Menerima pesan juga lancar. Kirim Foto, suara, dan kirim video juga lancar. Cuma kirim pesan saja tidak bisa. Kejadian ini saya alami kemarin, dan baru terpecahkan hari ini. Tak lengkap rasanya kalau tanpa di beri screenshoot chat saya.
    Gagal kirim

    Gagal kirim

    lihat pesan saya itu saya kirim by. Desktop, yang paling menyedihkan adalah ketika saya sudah ngetik banyak ternyata tidak terkirim semua. Coba anda pikirkan dan bayangkan ? Dan sempat senang, ketika kirim pesan dengan Replay Quote di WA. Tentu tahu donk anda fitur tersebut, Dan ternyata terkirim. Keanehan nambah lagi ketika membalas pesan harus dengan cara Quote atau Replay chatnya yang mau di balas. Tanpa quote, Whatsapp tidak bisa di buat kirim pesan.

    quote replay terkirim

    quote replay terkirim

    Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi Tim Support nya dari Whatsapp, ya walau tanya dengan English yang acak kadut, tapi dengan senang hati tim supportnya whatsapp menanggapi dengan antusias. Selang beberapa jam, baru di balas email keluhan saya. Dan adapun saran dari tim support nya tidak banyak membantu. Hingga saya kirim ulang keluhan saya dan saya jelaskan dengan detail kronologinya dan malah di tanya ulang cukup panjang pula pertanyaannya dari tim Support. Salah satu diantaranya pertanyaan tersebut adalah.

Your phone number (+ Country Code Phone Number)
Are you connected on your desktop using web browser or did you install the desktop app?
If you are connected using web browser, which web browser are you using? If you are connected via desktop app, which OS are you using?
Your phone model, OS and WhatsApp version
Full window screenshots of the issue if applicable

Setelah saya pahami, dari pertanyaan konfirmasi tersebut untuk masalah saya. Akhirnya saya baru menyadari. Bahwa Update Whatsapp sudah keluar yang terbaru. Dan aplikasi Whasapp di hp saya terlalu usang. Saya putuskan untuk update, saya coba sinkron. Dan akhirnya berjalan normal kembali. Okay, intinya cuma butuh Update biar bisa menggunakan whatsapp desktop/web dengan lancar lagi.

Hal ini saya tulis berdasakan pengalaman pribadi saya yang lumayan bikin panik ketika banyak pekerjaan. Jika kalian terbantu dengan sharing ini, Jangan lupa beri tanggapan di kolom komentar ya.

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco