Kilas Balik Kejadian paling bersejarah pada 26 Maret

Image 26

Akhirnya…, ada waktu luang juga untuk mencurahkan perasaan menulis di blog sederhana ini. :)
Hampir satu bulan di bulan Maret ini saya gak sempat menulis. Karena kesibukan yang lumayan bikin Manyun. :ngakak

Kali ini, saya mau share mengenai kejadian paling bersejarah yang terjadi di tanggal 26 Maret. Kenapa terpikir hal seperti itu mas Mimin ???

nah…, ini mimin juga gak habis pikir kok ingin menulis dengan tema demikian. Mungkin karena ini tanggal mimin lahir yach. :malus Udah deh…, gak usah terlalu memperdulikan tanggal lahir mimin, khawatirnya ntar netter pada mengirimi kado mimin. #ngarep. :hammers

Kalau menurut Wikipedia, 26 adalah (dibaca dua puluh enam – sering disingkat menjadi dua enam) adalah sebuah angka, sistem bilangan, dan nama dari glyph yang mewakili angka tersebut. Angka ini merupakan bilangan asli di antara 25 dan 27. Gak usah saya ketik lagi deh…, ntar kebanyakan copas malah gak enak. Langsung aja jika sahabat netter ingin tahu langsung menuju TKP aja.

Oh iya…, angka 26 juga merupakan angka pembalap moto GP dunia lha…, yaitu Daniel Pedrosa. Nih picnya….

Pedrosa

Sekilas sudah tahu tentang angka 26, saatnya kita berkilas balik, apa aja sih yang terjadi di tanggal 26 Maret yang paling bersejarah selain lahirnya mimin. :ngakak Let’s check this out….

1812 – Gempa bumi hancurkan kota Caracas, sekitar 20 ribu orang tewas.

Caracas adalah ibu kota Venezuela. Kota ini merupakan tempat di mana kemerdekaan Venezuela dinyatakan pada 1811. Penduduknya pada 2005 berjumlah 4,6 juta jiwa (daerah metropolitan). Pada 26 Maret 1812, kota ini dilanda gempa bumi yang menewaskan sekitar 20.000 orang.

1827 – Komponis Ludwig van Beethoven meninggal pada umur 56 di Wina, Austria.

Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.

Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar.

1872 – gempa bumi di Owens Valley, Amerika Serikat
1963 – gempa bumi di Wakasa Bay, Jepang
1968 – Suharto menggantikan Sukarno sebagai Presiden Indonesia.

Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Setelah Gerakan 30 September, Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah pihak yang bertanggung jawab dan memimpin operasi untuk menumpasnya. Operasi ini menewaskan lebih dari 500.000 jiwa. Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968.

1971 – Pakistan Timur memproklamirkan kemerdekaannya dan mengambil nama Bangladesh.

Bangladesh mempunyai jumlah penduduk yang kedelapan terbesar di dunia, tetapi kawasan negara ini sebanyak 144.000 kilometer persegi ditempatkan pada tingkat ke-93 di dunia. Oleh itu, Bangladesh merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia. Negara ini ialah negara yang mempunyai jumlah orang Islam yang ketiga terbesar di dunia, tetapi jumlah ini masih kurang sedikit dibandingkan dengan bilangan orang Islam yang merupakan kelompok minoritas di India.

1977 – gempa bumi di Palu, Turki
1979 – Perjanjian perdamaian Camp David ditandatangani oleh Mesir dan Israel.

Beberapa kejadian bersejarah lainnya yang pernah terjadi di Camp David antara lain adalah: perencanaan Invasi Normandia, pertemuan antara Eisenhower-Khrushchev dan pembicaraan mengenai Perang Vietnam. Camp David tidak dibuka untuk rakyat umum meskipun berada dalam sebuah taman nasional.

1989 – Pemilihan umum pertama kalinya diselenggarakan di Uni Soviet. Sebanyak 190 juta orang memberikan suara; pemilu ini dimenangi oleh Boris Yeltsin.
1991 – Mimin lahir dengan unyunya. :D
1996 – IMF menyetujui dana pinjaman sebesar 10,2 milyar dolar Amerika kepada Rusia, guna perbaikan ekonomi.
2000 – Vladimir Putin terpilih menjadi Presiden Rusia.

Cukup itu dulu, soalnya mimin capek nyari infonya. Mau isitirahat dulu. :D Sebagian tidak mimin cantumkan secara detail. Karena informasi yang mimin dapat cuma itu. Jadi mimin gak berani ngepost yang gak sesuai dengan informasi.

Sumber: 1, 2, 3

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco