Apasih fungsi Silinder Hitam Adaptor?

Ternyata sudah September saja, karena ini sudah di awal bulan. Saya menyempatkan diri untuk menulis sebuah artikel yang terkadang juga menjadi tanda tanya besar terhadap diri kita. Bahkan saya sendiri yang sering berkecimpung dengan komputer dan sering bawa-bawa hardware komputer juga sempat di bingungkan dengan salah satu silinder pada sebuah kabel khususnya kabel elektronik. Contohnya kayak silinder hitam yang biasanya ada pada kabel usb untuk handphone , camera , joystick , kabel audio , kabel monitor (D-Sub , HDMI , Dsb).

Disini saya mau membahas tentang silinder hitam di Alat elektronik, khususnya adalah silinder Hitam pada adaptor. Kenapa sih kok ada ada silinder hitam, dan apakah fungsinya. Kalau saya dulu berasumsi, silinder tersebut fungsinya untuk penguat sinyal. WHAT …. ! :bingung

Itu adalah sebuah pendapat yang bodoh yang pernah saya buat sendiri. :ngakak Dan inilah yang pernah saya lakukan, mungkin anda juga yang sudah pernah berpikir demikian. Karena pada dasarnya silinder hitam tersebut adalah ferrite bead. Apa itu Freeite Bead?

Silinder Hitam

Silinder Hitam

Okay disini saya jelaskan sedikit demi sedikit.

Secara sederhana, mungkin laptop kita, mungkin beberapa gadget yang di sebut smartphone adalah alat tercanggih yang pernah kita miliki. Apa lagi mungkin yang lebih canggih dari kedua alat elektronik ini….? Nah…, selain itu laptop pada dasarnya memiliki susunan perangkat yang sangat kompleks sekali.

Komponen Laptop

Komponen Laptop

Pada dasarnya komponen-kompenen dalam laptop sungguh sangat kecil dan juga komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Dan yang paling tidak kalah penting dan ada di luar bagian dari komponen tersebut adalah silindir hitam ini.

Silinder Hitam

Silinder Hitam

Nah…, inilah komponen penting yang tidak kalah penting dan perlu anda ketahui. Silinder tersebut ada di Charger Laptop yang original. Kalau anda beli yang KW…, ada kemungkinan tidak memiliki silinder hitam ini. Jadi harapan saya. Kalau anda ingin membeli adaptor. Kalau bisa membeli yang Original. Bingung mencarinya, beli aja secara Online disini. Penjualnya ramah loh :Peace:

Dan terkadang kita juga ketahui, tidak semua kabel data memiliki silinder hitam tersebut.

Kabel tanpa Silinder

Kabel tanpa Silinder

Itu semua tergantung dari pengaruh hardware alat canggih tersebut. Buat yang penasaran, bagaimana sih isi dari silinder hitam yang disebut Ferrite Bead. Kira-kira dalamnya seperti ini.

Dalamanya

Dalamanya

Luar

Luarnya

Kenapa sih di perlukan silinder hitam ini, silinder yang di sebut Ferrite Bead. Ini berfungsi penting supaya alat-alat canggih yang kita miliki bisa berjalan dengan baik. Karena pada dasarnya, seluruh part-part kecil yang ada di laptop maupun gadget Smartphone kita, berputar dan bergetar sehingga mampu menghasilkan sebuah frekuensi radio.

Kabel charger yang memiliki silinder tersebut memancarkan sebuah sinyal yang dapat menganggung komponen laptop anda. Maka saya tetap menyarankan anda untuk mengganti charger Original daripada laptop anda yang rusak gara-gara menggunakan Charger KW.

Karena kabel charger dapat memancarkan getaran laptop sebagai sebuah frekuensi radio dan mengambil sinyal tadi, sehingga inilah yang dapat menyebabkan gangguan. Sehingga silinder hitam tersebut berfungsi untuk meredam sinyal tersebut.

Antena Radio

Antena Radio

Buat analogi gangguannya itu kayak apa, fungsi ferrite core sendiri itu kan untuk meredam interferensi elektromaknetik ( Electromagnetic Interference ) atau kita sebut saja dia EMI. Dampak EMI ini pada kehidupan sehari hari sering terjadi kala kita menggunakan telp, menonton tv maupun bermain komputer, kemudian gambar pada monitor kita menjadi tidak stabil ketika kita meletakkan handphone yang sedang menerima panggilan di dekat monitor. Atau kasus lain mungkin terjadi saat kita melakukan panggilan , kemudian terdengar suara seperti bunyi sandi morse ( tut-turutut-turutut-turututut ). Kurang lebih dampak yang kita rasakan adalah seperti itu.

Jadi…? Masih mau anda memakai charger KW (Untuk membedakan adaptor KW dan Original bisa diklik disini) kemudian komponen laptop anda bakal bermasalah. :D So…, think Again. Kalau mau cari-cari adaptor original monggo mampir disini. :2thumbup

sumber.

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco