7 Langkah menjadi Teknisi Komputer

Belajar jadi Teknisi

Hmm…., mumpung libur nih…, dan rehat sejenak untuk menulis. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai 7 Langkah menjadi Teknisi komputer. Kebetulan tadi abis bongkar-bongkar Laptop kesayangan saya. Yang isinya debu semua. [Tapi perangkatnya masih utuh kok :D ] Okay…, tanpa panjang lebar lagi. Silahkan anda simak 7 Langkah untuk menjadi teknisi komputer berikut ini.

1. Niat
Niat adalah hal yang paling penting ketika anda ingin melakukan sesuatu, termasuk ketika ingin menjadi teknisi komputer, niatkan dalam hati bahwa anda ingin mengkontribusikan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang anda miliki tentang komputer. Masalah Bayaran/Uang, jika anda ikhlas dan serius maka ia akan datang sendiri, percayalah.

2. Belajar Lebih Mengenai Komputer
Belajar juga hal pokok ketika anda ingin menjadi ahli dalam bidang tertentu, termasuk ketika anda ingin Menjadi Teknisi Komputer yang Terampil, harus mempunyai ilmu yang cukup tentang komputer.

3. Memiliki Koleksi Sofware
Terutama punya koleksi software, semuanya di Back up dalam satu “CD Bag” atau disimpan dalam Flashdisk, bagaimanapun hebatnya anda dalam hal teknisi, tanpa memiliki koleksi software akan menjadi hampa, Bagaimana mendapatkan koleksi software? anda bisa membeli di toko-toko, download di internet, dll.

Software wajib seorang teknisi Komputer menurut saya :

  • Operasi sistem : Windows XP/Vista/7 (yang biasa digunakan), tambahannya bisa juga seperti Linux, Ubuntu dll.
    Office : Microsoft Office, Adobe Reader/Foxit Reader, Winrar,
  • Multimedia : Nero, Aimp/Winamp, Media Player Classic, Photosop/Photoscape, VLC, Picasa
  • Antivirus : Avira/AVG (untuk virus luar) dan Smadav (untuk virus dalam negri)
  • Internet : Mozilla Firefox/Google Chrome, Yahoo Mesengger, Internet Download Manager, Youcam dll.
  • Tambah koleksi beberapa Game kecil.

List software diatas hanya catatan pengalaman dari saya ketika melakukan Install ulang Komputer atau Laptop. Sobat bisa menambahkan list nya sesuai dengan kebutuhan dan permintaan yang sering muncul dari pelanggan.

4. Mempunyai Peralatan Sebagai Seorang Teknisi
Mulai dari Obeng, Tang, Solder beserta Timahnya, Cable tester, Crimping Tools yang digunakan sebagai alat untuk mengecek hardware komputer yang rusak atau bahkan kalau bisa memperbaikinya :army:

5. Jalin Relasi dengan Distributor Hardware
Mengapa? tentunya dengan menjalin relasi dengan distributor hardware memberikan keuntungan tersendiri bagi kita ketika membeli hardware yang diperlukan, usahakan sobat menjadi pelanggan tetap. Biasanya dengan menjadi pelanggan harga yang kita dapatkan akan lebih murah.

6. Jaga Kepercayaan Pelanggan
Ketika berjanji pada pelanggan, jangan pernah berbohong! penyakit seorang teknisi komputer kadang-kadang mengambil semua job yang ada sehingga pekerjaan jadi terbengkalai karena banyaknya problem yang harus diselesaikan. Ambilah Job sesuai waktu yang ada, katakan tidak bisa kalau memang sobat tidak bisa.

7. Lakukan Pelanggan Seperti Teman
Selain 6 Tips diatas, bisa ditambahkan lagi dengan teknik marketing sederhana yang luar biasa, Jadikan pelanggan seperti Sahabat or Teman, posisikan diri kita seperti sahabat bagi mereka, berikan kesempatan di waktu yang akan datang pada Pelanggan untuk bertanya tentang komputer walaupun problem yang mereka hadapi telah selesai saat ini. Contohnya, di akhir “pertemuan bisnis” dengan Pelanggan jangan lupa ucapkan “Jika ada kendala mengenai Komputer jangan segan-segan untuk menghubungi saya kembali ;)

Terakhir, jangan lupa berdoa. Berdoa agar komputer yang di perbaiki bisa Nyala kembali. :D Oh iya…, yang gak kalah pentingnya juga adalah, Jalin relasi dengan kawan sesama teknisi. Jadi misalnya anda tidak sanggup untuk membenahinya. Anda bisa lempar kerjaan ke teman anda itu yang seprofesi dengan anda.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

sumber

2 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco