7 Cara Meminimalisir Resiko Gagal saat Launcing Produk

Marketing

Nih gan…, mumpung malem-malem gini. Ane membagikan beberapa tips yang bisa agan terapkan saat melakukan moment Launcing sebuah produk. Moment launcing produk adalah sebuah moment yang sangat membanggakan. Sama rasanya saat ane melakukan launcing Produk-produk JasaMultimedia.com beberapa tahun lalu. Di balik kebanggaannya akan keberhasilan menciptakan sebuah produk baru dalam memulai bisnis, tentu saja terdapat sebuah kekhawatiran, tantangan besar telah menanti mereka dalam upayanya memasarkan produk-produknya.

Persaingan pasar yang sudah padat, kesalahan dalam menentukan potitioning, kesalahan dalam menentukan strategi pasar, hingga rendahnya minat konsumen sehingga produknya belum bisa diterima pasar, menjadi fenomena tersendiri bagi mereka para pelaku usaha yang baru belajar memulai bisnis. Termasuk ane waktu itu yang merasa teramat binggung saat launching produk pertama.

Cara yang tepat untuk meminimalisir resiko tersebut adalah sebagai berikut,

  1. Sebelum meluncurkan sebuah produk, Anda harus mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada. Cari tahu seberapa tinggi minat konsumen terhadap produk Anda, dan seberapa padat persaingan pasar yang ada saat ini. Informasi ini akan menjadi modal awal Anda, sebelum akhirnya meluncurkan produk tersebut kepasaran.
  2. Tentukan target pasar secara tepat. Sebelum meluncurkan produk ke pasaran, pastikan Anda telah membidik pasar tertentu sebagai lahan yang cukup potensial untuk pemasarkan produk Anda. Setelah target pasar ditetapkan, maka selanjutnya Anda dapat menentukan strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk pasar tersebut.
  3. Tambahkan nilai lebih pada produk Anda. Salah satu poin penting yang menjadi kekuatan bagi Anda untuk menghadapi persaingan pasar yaitu dengan memiliki nilai tambah dan pembeda terhadap produk para pesaing. Jika pesaing Anda memasarkan produk yang sudah biasa, maka Anda harus berani meluncurkan produk yang luar biasa dan memiliki nilai lebih dibandingkan produk lainnya yang sudah ada di pasaran.launching produk
  4. Untuk menarik para konsumen, Anda dapat merancang event launching produk Anda dengan memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Misalnya saja menggunakan strategi promosi “Beli Dua Gratis Satu”, menawarkan diskon khusus selama launching produk berlangsung, atau memberikan hadiah tertentu untuk pembelian produk dalam jumlah yang telah ditentukan.
  5. Jika Anda memiliki dana lebih untuk event ini, Anda bisa libatkan para tenaga pemasar serta para ahli dibidang tersebut, agar proses pengenalan produk baru dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dapat Anda lihat ketika sebuah perusahaan melaunching produk barunya, mereka sering menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG) atau salesman untuk membantu proses pemasaran produk selama acara launching produk berlangsung.
  6. Promosikan produk Anda melalui media massa, baik elektronik maupun media cetak. Misalkan promosi melalui iklan di majalah, tabloid, surat kabar, televisi, radio, atau mempromosikannya melalui situs-situs di media online, sehingga produk Anda benar-benar dikenal oleh target pasar Anda.
  7. Bangunlah sebuah website, sebagai media promosi pertama kali. Website memiliki peranan penting dalam pengenalan produk-produk anda kepada publik. Anda bisa membuat website dari beberapa layanan gratisan. Misalnya blogger. kalau saran ane…, agan beli saja website dengan domain agan sendiri. Biar profesionalitas tentang produk anda bisa terlihat. Yang terpenting dalam memilih Jasa pembuatan website adalah, profesionalitas dan hasil karyanya yang sangat menarik. Terlebih lagi sudah memiliki beberapa portofolio yang bernaung dibeberapa instansi. Misalnya yayasan, Pemerintahan, dan usaha swasta yang sudah bonafit. Jadi jangan asal pilih jasa website yang murah. Harga selisih sedikit, tapi karyanya ciamik…, :thumbup: gak masalah gan. Yang penting profesionalitas usaha anda tampak jelas di mata masyarakat.

nah…, itulah 7 Tips yang bisa ane berikan. Semoga Produk perdana anda laris manis… :)

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco