4 Cara muda menemukan ide skripsi

Skripsi…..?!

Mendengar kalimat ini mahasiswa seluruh Jawa timur bahkan Indonesia atau mana saja akan berdegap diam tak terarah bagaikan sebuah kata magic. Ya bener banget. Mahasiswa-mahasiswi mana saja, entah itu yang di universitas Kota Malang, Pasuruan, Mojokerto, Sengon bahkan. :ngakak (Lebay ya saya) Okay lah…., secara sederhana. Skripsi ini pada dasarnya sesuatu hal yang sakral. Bagi seseorang yang menyandang status mahasiswa. Dan tentunya mahasiswa tingkat akhir tentunya sakral banget.
Pada dasarnya, skripsi itu mudah. Yang susah itu adalah:

  1. Mengumpulkan niat untuk mengerjakan.
  2. Mencari dosen untuk bimbingan.
  3. Di persulit dengan revisian yang tak masuk akal.

Itulah 3 hal yang membuat susah. Oh iya…, sampai sini. Kalian masih semangat menyimak tulisan ku apa tidak ?? Kalau sudah tidak semangat, skip saja deh dengar basa-basi saya ini. Karena apa….? karena pada dasarnya kalau kalian sudah tidak semangat, artinya kalian sudah malas berimajinasi secara kreatif menggunakan otak kalian untuk mencari inspirasi dan juga ide dalam mengerjakan skripsi.

Ingat…,saya tekankan sekali lagi kalau skripsi itu mudah. Dan yang bikin susah itu adalah 3 hal di atas yang sudah saya sebutkan. Perlu kalian ketahui. Di poin ke-3 tersebut harusnya kalian lebih tahu di banding dosen pembimbing kalian. Tahu kenapa? Okay…, guys. Jadi gini. Kalian itu kan mengerjakan skripsi pada dasarnya ide-ide kalian sendiri. Wajar donk harusnya yang lebih tahu itu ya kalian. Bukan dosen kalian. Seandainya dosen kalian lebih tahu, harusnya mereka memberikan saran. Bukannya mencaci dengan sebuah coretan. Okay…., dengar tuh para dosen. Pesan pula untuk para dosen. Kalau anda sebagai dosen pembimbing, harusnya membimbing dan memberikan sebuah solusi. Bukan sekedar menyalahkan terus suruh mahasiswanya untuk mencari solusi sendiri. Dan ujung-ujungnya di salahin lagi.

Sarjana Muda

Sarjana Muda

Tak sampai disini, banyak hal yang harusnya anda ketahui sebagai dosen. Okey lah si Mahasiswa mencari solusi sendiri, terus di diskusikan kembali dengan anda sebagai dosennya. Eh…, kok tiba-tiba disalahkan lagi terus alhasil si mahasiswa malas mengerjakan dan putus asa. Karena kehadiran dosen pembimbing bukannya membantu, malah menjerumuskan bahkan memberikan kesan menekan kalau yang di kerjakannya itu kurang tepat, kurang wah penelitiannya, dan kalau bisa peneltian sana sama mahluk luar angkasa biar penelitiannya anti Mainstream. Agh…, sudahlah. :cd:
Mungkin bagi sebagian mahasiswa yang dengan mudah menyelesaikan skripsinya tanpa beban yang keras seperti ini. Kalian patut berbangga hati dan bolehlah menyombongkan diri. Tapi perlu kalian ketahui, seni sulitnya penelitian ya disini. 3 poin di atas tadi, sehingga banyak bermunculan sindiran-sindiran meme komik.

Dospem 1

Dospem 1

Dospem 2

Buat saudaraku yang sedang atau akan melaksanakan skripsi. Alangkah baiknya kalian kerjakan sendiri penelitiannya, dan kalau memang memerlukan alat peraga. Boleh lah meminta bantuan dari yang sudah pengalaman. Misalnya, meminta bantuan teman yang sudah berpengalaman membuat aplikasi di bidangnya. Atau kalau memang malu, dan pastinya ini sesuatu hal yang meningkatkan gengsi dan harga mati. Mending cari jasa yang sudah terpecaya di bidangnya untuk mengerjakan aplikasi. Ingat lho ya…, mengerjakan aplikasi. Bukan mengerjakan skripsi. Kalau skripsinya mah…, harus ide dari kalian sendiri. Sisanya untuk alat peraga dan aplikasinya bisa meminta bantuan yang sudah ahli di bidangnya.

Untuk menemukan ide skripsi pada dasarnya yang perlu kalian ketahui adalah 4 hal berikut ini.

1. Tentukan Masalah
2. Tentukan Solusinya
3. Tentukan hasil yang akan di capai
4. Uji coba dan kesimpulan

Okay…, itulah 4 langkah yang perlu kalian pegang dengan erat untuk membuat judul skripsi yang tepat dan tentunya mudah untuk kalian kerjakan sendiri, tak masalah jika alat peraga minta bantuan tentunya.
Oh iya…, kalau misalnya 4 langkah untuk menemukan ide ini kurang kalian pahami. Berikut saya jabarkan satu per satu untuk memudahkan di pahami.

1. Tentukan masalah
Kalian harus memahami masalah apa yang sedang timbul sesuai dengan bidang keahlian kalian. Misalnya tuh, kalian di bidang pendidikan. Khususnya bahasa inggris. Dan melihat fenomena anak-anak yang kurang memahami bahasa inggris dengan metode belajar konvesional. Maka satu masalah inilah yang kalian temukan. Terus…, solusinya apa donk?

2. Tentukan solusinya
Setelah mengetahui masalahnya nih…, artinya kalian harus menggunakan otak cerdas kalian dan tentunya yang sudah pula menelan materi-materi yang cukup banyak di bangku perkuliahan. Solusi yang kamu tawarkan misalnya membuat game sederhana puzzle tentang alat-alat transportasi dalam bahasa inggris. Kenapa kok alat transportasi? Yang karena pada dasarnya penelitian kalian di spesifikan ke Mengenal Transportasi dalam bahasa inggris. Sampai sini bisa di pahami? Okay lah…, saya rasa kalian sudah paham. IPK kalian kan 4.1 hehehe

3. Tentukan hasil yang akan di capai
Setelah menemukan solusi, pastinya kalian harus bisa menentukan hasil apa yang di capai setelah anak-anak menggunakan metode pembelajaran yang kalian buat. Yaitu belajar alat transportasi dalam bahasa inggris dengan permainan puzzle. Tentu kalian berharap hasil yang akan dicapai adalah anak lebih giat lagi dalam belajar. Secara tidak langsung anak akan menerima materi dari game yang dimainkan. Sehingga anak-anak semakin mengerti dan tertarik untuk mempelajari bahasa inggris.

4. Uji coba dan kesimpulan
Sudah mendeskripsikan langkah ke-3 selanjutnya adalah melakukan uji coba. Oh iya…., disini pastikan progam atau alat peraga kalian sudah selesai ya. Kalau belum selesai apa yang akan di peragakan. Lucu dunk masak kalian saat melakukan uji coba ke anak-anak Cuma membawa lembar demi lembar laporan kalian. Tentu bukan hal yang mudah bagi kalian yang memiliki banyak kesibukan. Dan di haruskan membuat laporan skripsinya terus di haruskan membuat alat peraga pula. Belum waktu yang di perlukan untuk mempelajari membuat aplikasi alat peraga game yang cukup lama. Belum lagi ada error. Nah…, lho. Ini makanya sejak awal saya menyarankan kalau untuk alat peraga silahkan kalian meminta bantuan orang yang sudah pengalaman di bidangnya.

Skip-skip…., kalau kalian sudah siap semua. Pasti langkah uji coba dan pengambilan kesimpulan dapat berjalan dengan baik.

Okay…, cukup sekian dulu share yang bisa saya berikan buat kalian semua yang sedang atau akan mengerjakan sebuah skripsi. Semoga berhasil ya. Jangan lupa kalau ada pertanyaan atau saran. Dengan sengan hati ku tunggu komentar kalian.

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco