17 Langkah menjadi Pengusaha Sesungguhnya

Think Bussiness

Awali bulan April ini dengan ide segar dan semangat baru. Selamat bulan April kawan. :D
Okay…, pada tulisan kali ini, kebetulan saya hunting inspirasinya dari forumsebelah. dan saya rangkum jadi satu mengenai 17 Langkah menjadi pengusaha sesungguhnya. Nah…, bagi kalian yang bulan ini ingin memfokuskan diri untuk terjun ke duian Enterpreneurship. Sudah saatnya melihat langkah berikut untuk memulai hal baru di bulan baru dan semangat baru. Keep ON…, :army: berikut rangkumannya.

STEP 1, START WITH A DREAM
Mulailah dengan sebuah mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan keyakinan akan produk yang akan kita tawarkan. A dream is where it all started. Pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun idea yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan kerterikatan, tak mengenal kata ‘tidak bisa’ ataupun ‘tidak mungkin’.

STEP 2, LOVE The Products or Services
Cintailah produk anda. Kecintaan akan produk kita akan memberikan sebuah keyakinan kepada pelanggan kita dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat kita mampu melewati masa-masa sulit. Setiap awal usaha selalu akan ada banyak halangan ataupun kesulitan yang bertubi tubi, kecintaan akan produk kita yang akan membuat kita bekerja keras dengan senang hati.

Enthusiastism and Persistence: Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan kita akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.

STEP 3, Learn The BASICS of BUSINESS.
Pelajarilah fundamental business. : BEYOND THE *buy low, sell high, pay late, collect early. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan dasar untuk business yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama 1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar-dasar usaha akan membantu kita untuk maju dengan lebih baik.Carilah -guru- yang baik.

STEP 4, Willing to Take CALCULATED RISKS.
Ambilah resiko. The gain that you will be able to achieve is directly proportional to the risk taken:

Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia wirausaha, karena hasil yang mungkin dicapai akan proporsional terhadap resiko yang diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik-baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan entreprenneur dengan manager. Entrepreneur lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, dan manager dibutuhkan untuk mengatur perusahaan yang telah maju.

STEP 5, Seek Advice, But Follow Your Belief.
Carilah nasehat dari pakarnya, tapi ikuti kata hati kita. Consult Consultants, ask the experts, but follow your hearts. Entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan “indera ke enam” nya.

STEP 6, Salesmanship and Customer Understanding.
Komunikasi yang baik dan kepiawaian menjual. Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci-sukses. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangakan usaha pada fase itu.

STEP 7, Work HARD, 7 Days a Week, 18 Hours a Day.
Kerja keras. Ethos kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti, tapi hard-work and smart-work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua successful start-up butuh workaholics. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir akan businessnya. Me-lamun-kan dan memimpikan kerjanya.

STEP 8, Make Friends As Much As Possible.
Bertemanlah sebanyak-banyaknya. Pada harga dan kwalitas yang sama orang membeli dari temannya, pada harga yang sedikit lebih mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, membantu menolong pada masa sulit.

STEP 9, Deal With FAILURES.
Hadapi kegagalan Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha, selama kegagalan itu tidaklah mematikan. Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan dan bilamana sampai itu terjadi, bersiaplah dan hadapilah!

STEP 10, Focus.
Fokus pada skenario terbaik, dan Anda harus teta[ fokus terhadap “skenario” terbaik yang telah Anda pikirkan dan rencanakan. Berhenti membayangkan hal-hal buruk yang mungkin terjadi dalam mencapai tujuan. Jika Anda tetap khawatir maka Anda akan lebih mudah menyerah. Teruslah mencoba sampai Anda mencapai tujuan.

STEP 11, Realistic
Mengetahui dan menerawang dengan jelas secara Realistis mengenai proses. Mengetahui bahwa setiap tujuan tidak dapat dicapai dengan waktu yang sebentar. Mungkin dibutuhkan waktu yang berbulan-bulan bahkan tahunan sampai Anda melihat hasil yang solid. Jika Anda belum mencapai hasil yang diinginkan dalam bulan-bulan pertama, jangan menyerah dan tetap berusaha.

STEP 12, Support
Cobalah untuk Mendapatkan dukungan, Cari orang-orang yang dapat mendukung Anda dan bisa memberi masukan yang positif untuk Anda. Sebuah support akan membantu Anda lebih bersemangat dalam mencapai tujuan.

STEP 13, Plan
Anda harus memiliki rencana matang. Memiliki rencana yang baik di awal dapat mengurangi stress. Sebuah rencana akan membuat Anda merasa tenang dan membantu Anda lebih fokus pada tujuan.

STEP 14, Always update Dream
kenapa selalu di update dream/Mimpi kita??
mimpi yang sudah kita bangun terkadang mengalami berbagai halangan dan medan yg berbeda setelah kita jalanin.. koreksi kembali dan cari tahu solusi yang tepat dan tokjer sehingga hambatan dan tantangan yang dihadapi semakin membuat kita enjoy mengerjakannya…

STEP 15, Sharing
Berbagi adalah kunci utama untuk melangkahkan kaki dalam berbisnis, terutama berbagi ilmu. Dengan berbagi ilmu kita tidak akan bodoh dan dilangkahi oleh orang lain, hal tersebut malah membuat kita semakin berkembang dan memahami bisnis/ produk kita sendiri. Selain berbagi Ilmu, kita juga harus berbagi kebahagian yang kita dapat dengan sesama, yang biasa kita sebut dengan sedekah. YapzZ…, Sedekah. Sedekah ini sangat penting, karena rezeki yang kita dapat tidak serta merta hasil usaha kita, mungkin saja karena orang lain yang menunjukan alamat toko kita atau yang lain, hal tersebut menjawab bahwa kita hidup butuh orang lain. dengan bersedekah kita semakin menyadari bahwa rezeki itu datang dari tuhan yang mahakuasa.

STEP 16, Thank’s for Giving
Bersyukur, adalah bentuk rasa terimakasih kita akan hasil yang kita peroleh. Dengan selalu bersyukur, niscaya mindset kita akan tersetting selalu berfikir positif dalam menjalan dan menerima hasil yang telah kita capai dalam berbisnis.

STEP 17, Just Do It, NOW!
Lakukanlah sekarang juga. Bila Anda telah siap, lakukanlah sekarang juga. Manager selalu melakukan:
READY-AIM-SHOOT, tetapi entrepreneur sejati akan melakukan READY-SHOOT-AIM!. Putuskan dan kerjakan sekarang, kerena besok bukanlah milik kita.


Okay…, itulah 17 Langkah peneyemangat yang bisa anda jadikan pedoman dalam melangkah didunia usaha/bisnis. Memang …, kami jujur saja. Kalau bisnis kami di dunia JasaMultimedia.com ini tidak seperti bisnis-bisnis yang berkembang pesat multinasional diluar sana. Tetapi, dengan adanya artikel ini. Diharapkan, mampu memotivasi diri anda untuk melangkah di dunia usaha, dan selalu bersikap semangat menanggapi segala kemungkinan yang ada. Selamat berWirausaha. :beer:

2 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco