12 Makanan Khas Indonesia [Awas Ngileeeer yach…!]

Puasa Sudah berlalu, lebaran pun sudah berlalu. Tapi nuansa lebarannya kan masih ada. Nah…, kali ini. Buat yang sudah pada mulai beraktifitas di kantor/di tempat kerja seperti biasa. Saya Ucapkan selamat bekerja yach.

Saya yakin, kalau selesai melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan itu rasanya ingin mencicipi kuliner mulu. Tidak di pungkiri, saya juga seperti itu. :ngakak

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sedikit refrensi makanan Nusantara yang cukup Menggugah selera dan cukup nikmat di rasakan saat meraih kemenangan setelah 1 Bulan penuh berpuasa Ramadhan. Berikut makanan khasi Indonesia yang nikmat untuk di Santap. [Jangan ngileeer yach. :ngakak ]

1. KLEPON

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Bisa di temui di daerah saya nih klepon. Yaitu di sekitaran Pasuruan – JATIM.:D

Klepon

2. DARLUNG [Dadar Gulung]

Kue dadar gulung merupakan penganan khas Indonesia yang dapat digolongkan sebagai pancake yang diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair. Isi ini disebut unti. Kulit dadar gulung berwarna hijau karena diberi pewarna daun suji.

Dadar gulung

3. LUPIS

Lupis (sering disebut Lopis) merupakan makanan khas Indonesia terutama area Jawa. Lupis adalah kue manis yang terbuat dari beras ketan. Dapat menambah kemanisannya dengan adanya kelapa parut dan gula aren. Biasanya dimakan pada saat sarapan atau teman minum teh pada sore hari.

Dahulu bentuknya segitiga, tetapi karena sulit untuk membungkusnya, maka dibentuk bulat memanjang.

Lupis

4. KUE PUTU

Kue putu (dari bahasa Jawa, puthu [ IPA: /pu╩łu/]) adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.

Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.

Kue putu

5.SINGKONG LAPIS

Kue yang satu ini memang sederhana tetapi rasa manis dan kenyalnya bisa bikin ketagihan. Apalagi tampilannya cantik dengan balutan kelapa parut yang gurih. Cocok buat suguhan arisan yang meriah.

Lapis singkong

6. CENIL

Cenil atau cetil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir. Oh iya…, biasanya ada yang di tusuk pakai tusuk sate.

Cenil

7. RUJAK

rujak buah/lutis adalah semacam salad. Terbuat dari buah-buahan segar dengan saus manis pedas. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, timun, belimbing, dan lain-lain. Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai. Kesukaan saya nih… :D

Rujak Kesukaan saya nih…!

8. SERABI

Serabi (kadang disebut Surabi) merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia, ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan keatas adonan surabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Tempat yang menyajikan serabi dengan berbagai variasi rasa tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Serabi

9. KUCUR

Kalau makanan ini sih enak, tapi biasanya banyak sekali minyak gorengnya. so…, kalau makan blepotan gitu. Sorry, penjelasannya gitu aja. Bingung mau definisikan nih makanan, abis enak banget sih… :ngakak

Kucur

10. RANGIN

Kue Surabi rangin ini adalah makanan murah meriah yang terdiri dari tepung terigu, tepung ketan, dan parutan kelapa.Biasanya disajikan dengan taburan gula pasir diatasnya.

Kue Rangin

11. PASTEL

Kalau saya nyebutnya pastel, gak tau juga di tempat anda. :D Gak usah saya jelaskan. soalnya rasanya nikmat banget. Oh iya…, kalau liat kue pastel ini, saya jadi ingat kalau rebutan nih kue ama adik saya.

12. PETHULO

PETHULO from Jember. Selain Tape, Proll Tape, dan Kedelai Edamame di Kota Jember ada salah satu jenis makanan faforit yang cukup menggugah selera. “PETHULO” nama ini sudah tidak asing lagi di Jember, mungkin bagi anda masih tererasa asing di telinga. Jenis makanan ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, garam dan diolah lalu dikukus.

Pethulo khas Jember

nah…, cukup 12 itu dulu deh. Kalau kuliner nusantara saya sebutkan disini semua. Bisa tidak cukup blog saya. Habis banyak banget kuliner nusantara. Kalau ada yang mau nambahin silahkan koment di bawah ini.

3 Comments

SILAHKAN KIRIM PERTANYAAN/KOMENTAR ANDA ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco